-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga Ikut Menikmati Dana Desa Sekertaris Kampung Pakuan Baru Mangkir dari Tanggung Jawab Bakhilang Ditelan Bumi

Jumat, 02 Februari 2024 | Jumat, Februari 02, 2024 WIB Last Updated 2024-02-02T10:17:16Z




WAY KANAN .- PWK ,.Sekertaris Kampung Pakuan baru. Kecamatan Pakuan Ratu. Kabupaten Way kanan. Provinsi Lampung. (Lasidi) Bakhilang ditelan bumi. (02/02)

Semenjak Penetapan tersangka oleh Kejaksaan  Negeri Way kanan. Kejari way kanan Menahan mantan kakam pakuan baru dan bendahara kampung oleh Kejari Way Kanan terhadap kaitannya dengan APBKampung Pakuan Baru Kec Pakuan Ratu periode 2020 s/d 2022, berdasarkan Surat Perintah Penetapan Tersangka Nomor: PEN-989/L.8.17/Fd.1/11/2023 tanggal 21 Nopember 2023 atas nama tersangka EDYSON selaku Kepala Kampung pada T.A 2020-2022 dan Nomor: PEN-990/L.8.17/Fd.1/11/2023 tanggal 21 Nopember 2023 atas nama Tersangka Yanuar selaku bendahara pada tahun anggaran yang sama.

Sejak itu pula Lasidi selaku sekertaris kampung bakhilang ditelan bumi. 
Tokoh masyarakat pakuan baru SG(53) menyayangkan sikap Lasidi yang terkesan lari dari tanggung jawab nya sebagai sekertaris kampung. Dan lari darimasalah tuturnya. 

"Masih kata SG (53) semenjak kena masalah yang diduga ikut menikmati dana desa, dia sudah jarang sekali diway kanan. Apa lagi masuk kantor. Tentu ini akan berdampak pada kinerja pemerintah kampung pakuan baru, dan kami selaku masyarakat tentu berharap agar kepala kampung yang baru dan instansi berwenang dapat menyikapi masalah ini jelas nya. 

Kepala Kampung Pakuan Baru telah dikompirmasi terkait Sekertaris nya yang mangkir dari pekerjaan nya, via pesan singkat whatsap. 
Benar sekertaris ada dimetro kata nya sedang mengurus orang tua nya yang sakit. 
Menyangkut sekertaris itu pihak kami juga sedang kordinasi dengan pihak kecamatan untuk menyikapi ini, jelas kakam pakuan baru kepada media ini. 

Untuk diketahui berdasarkan hasil Audit dari Inspektorat Kabupaten Way Kanan No LHP : 700/334/LHA-IRB.05/III.01-WK/2023 tanggal 14 November 2023
Kerugian 1.021.635.996

Tersangka disangkakan melanggar Kesatu Primair : Pasal 2 ayat (1) Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP. Subsidair: Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP, ATAU Kedua Pasal 8 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah dirubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Sementara dari balik jeruji besi beredar surat pernyataan Edison yang mengatakan bahwa dari tahun 2017-2022 sekertaris kampung juga menikmati uang sebesar :
Rp 25 juta tahap 1
Rp 25 juta tahap 2
Rp 15 juta tahap 3
Total Rp 65 juta/tahun.

Sekretaris kampung pakuan baru sekaligus ketua Tim penyusun, perencanaan, pelaksanaan, penggunaan,dan pelaporan anggaran yang bertanggung jawab dalam administrasi keuangan kampung

Yang seharusnya memverifikasi kebenaran yang di laksanakan dan di laporkan anggota nya secara profesional dalam hal ini 
Sekretaris desa bertugas membantu Kepala desa dalam bidang administrasi pemerintahan.
Untuk melaksanakan tugasnya Sekretaris Desa mempunyai fungsi :
1. melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi;
2. melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor,penyiapan rapat, pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum
3. melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan administrasi penghasilan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, dan lembaga pemerintahan desa lainnya
4. melakukan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan
 
Sebagaimana yang dijelaskan dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa disebutkan bahwa dalam kaitan dengan pengelolaan keuangan desa. Sekretaris Desa adalah perangkat desa yang berkedudukan sebagai unsur pimpinan sekretariat desa yang menjalankan tugas sebagai koordinator Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD).

Oleh Karena itu, seorang Sekretaris desa (Sekdes) seyogianya memiliki kemampuan di atas rata-rata perangkat desa lainnya yaitu kepala urusan (kaur) dan kepala seksi (kasi) sehingga roda pemerintahan di desa dapat berjalan dengan baik dan maksimal, seperti kemampuan dalam pengelolaan keuangan desa.

Dalam Pasal 5 Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, disebutkan bahwa Sekretaris Desa bertugas sebagai koordinator PPKD dan mempunyai tugas:
1. Mengkoordinasikan penyusunan dan pelaksanan kebijakan APBDes;
2. Mengkoordinasikan penyusunan rancangan APB Desa dan rancangan perubahan APBDes;
3. Mengoordinasikan penyusunan rancangan peraturan Kepala Desa tentang penjabaran APBDes dan perubahan APBDes;
4. mengkoordinasi tugas perangkat desa lain yang menjalankan tugas PPKD, dan
5. mengkoordinasikan penyusunan laporan keuangan desa dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBDes.

Selain tugas-tugas diatas, Sekretaris Desa mempunyai tugas lainnya sebagai berikut:
1. Melakukan verifikasi terhadap DPA, DPPA, dan DPAL;
2. Melakukan verifikasi terhadap RAK Desa, dan
3. Melakukan verifikasi terhadap bukti penerimaan dan pengeluaran APBDes.

Tertulis jelas dalam permendagri fungsi dan tugas sekertaris desa, bagai mana mungkin sekertaris bisa lepas dari jeratan hukum. Sementara kakam nonaktif edison jelas mengakui kalau sekertaris mendapat jatah sitiap pencairan uangkap DS(42) kepada media ini

Di tempat terpisah 
Tokoh masyarakat kampung pakuan baru  berharap agar aparat penegak hukum bertindak tegas dan tuntas terhadap semua penikmat anggaran dana desa Kampung pakuan baru. (Asmi)
×
Berita Terbaru Update