-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Terapkan Ilmu Dari Kampus Asal, Mahasiswa KKN Asal Unila Ajarkan Masyarakat Budidaya Ikan

Jumat, 10 Februari 2023 | Jumat, Februari 10, 2023 WIB Last Updated 2023-02-10T13:39:58Z


Way Kanan, PWK
-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Lampung) Periode 1 tahun 2023 terapkan ilmu yang diperoleh di kampus kepada masyarakat Kampung Gunung Cahya, kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan (Jumat, 3/2/2023) 





Mahasiswa KKN menjalankan program kerja Sosialisasi dan Sharing kepada, Petani dan Pembudidaya ikan. Melihat dan mendengar keluhan warga, Mahasiswa menerapkan ilmunya kepada masyarakat. Salah satunya Budidaya ikan. 


Kordinator Desa KKN Gunung Cahya, Ma'ruf menyebutkan "Kampung Gunung Cahya memiliki potensi yang baik untuk budidaya ikan. Seperti yang diketahui bahwa Gunung Cahya berdekatan dengan Aliran Sungai serta sumber air yang melimpah. Sehingga tidak mengalami kekeringan dan kehabisan air. 


"Untuk budidaya ikan, hanya segelintir warga yang memiliki kolam ikan, itu pun hanya kolam pembesaran. Hal ini karena warga lebih memilih menangkap ikan di sungai atau membeli kepada pedagang ikan yang keliling". Ungkap seorang warga


Senada dengan itu, Syamidzar yang merupakan Penanggung jawab Kegiatan menyebutkan. "Budidaya yang memungkinkan dan cocok untuk diterapkan yakni budidaya ikan lele. Karena lele memiliki masa panen yang lebih cepat. Dan perawatan yang tidak terlalu sulit. Kemudian, Bapak juga sudah memiliki indukan yang siap untuk dipijahkan".


Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Bapak Kepala Kampung Gunung Cahya, Beliau sangat mendukung penuh kegiatan ini agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan penghasilan warganya melalui kegiatan budidaya ini. 



"Saya mendukung kegiatan ini. Ini akan menjadi mata pencaharian sampingan selain ke ladang dan sawah. Sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat.(Red)

×
Berita Terbaru Update