-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Memiliki Nilai Jual Tinggi, Budidaya Alpukat Siger Mas Makin Diminati Masyarakat Way Kanan

Sabtu, 25 Februari 2023 | Sabtu, Februari 25, 2023 WIB Last Updated 2023-02-25T15:49:51Z


Way Kanan, PWK
- Tingginya nilai komersil buah alpukat saat ini, mengubah mindset para petani milenial untuk berkebun alpukat. untuk diketahui alpukat merupakan komoditas buah yang penting, volume perdagangannya menempati urutan ke-5 setelah jeruk, pisang, nanas dan mangga.Alpukat dikenal sebagai buah yang popular di semua kalangan usia.Tak hanya karena rasanya, buah berwarna hijau ini terkenal karena kandungan gizinya, Nutrisi-nutrisi yang terkandung didalam buah alpukat ini juga sebagai bahan pokok kosmetik kecantikan oleh perusahaan yang bergerak dibidang nya.




Oleh karena itu, tak mengherankan jika budidaya alpukat menjadi budidaya yang memiliki peluang menjanjikan. Saat ini, di Kabupaten Way Kanan yang sedang di gandrungi oleh petani milineal adalah alpukat jenis varietas SIGER MAS . Alpukat varietas siger mas ini merupakan hasil budidaya tanaman endemin asli dari Lampung. Yang dikembangkan oleh perusahaan CV,BAROKAH TANI MANUNGGAL, bergerak dibidang produksi tanaman hortikutura pertanian dan prodak unggulan beralamatkan di Desa Gunung Mas Kec, Marga Sekampung Kabupaten Lampung Timur.



Menurut Wijianto Distributor bibit alpukat siger mas memiliki keunggulan  yang pertama pertumbuhan cepat, tanaman genjahini cepat berbuah, Produktifitas hasil panen tinggi , rata- rata perpohon bisa menghasil kan 150-200 Kg umur tanaman 2,5-3 tahun, Kulit buah glowing  hijau mengkilat agak kekuningan bila petik tua, Berat buah per biji rata rata 600-800 gram dan yang terakhir Buah ini  diminati dipasaran lokal ataupun dipasar nasional,bahkan diminati diluar Negri. Saat dimintai keterangan ketika  pengirimin bibit di Way  Kanan.



‘’Yang membedakan alpukat varietas SIGER MAS dengan alpukat varietas lokal lain nya adalah  Bibit alpukat SIGER MAS sudah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman atau yang lebih dikenal PPVT di Kementrian Pertanian, Bibit sudah berlabel, Bisa ditanam di ketinggian sampai 2000 MDPL serta cepat berbuah 2 sampai 3 tahun sudah berbuah” Jelas Wijianto.



Ia juga menambahkan di negara kita sekarang ini banyak system teknologi pertanian yang berkembang untuk meningkatkan produktifitas pertanian, kebanyakan para petani pengembang tanaman hortikultura dan tanaman pangan berlomba-lomba untuk menciptakan prodak unggulan guna meningkatkan produktifitas dari hasil dan kwalitas tanaman yang unggul, untuk itu kami CV.BAROKAH TANI MANUNGGAL melalui hasil uji coba atau penelitian bersama dengan Balai Penelitian Sertivikasi Benih (BPSB) Provinsi Lampung, maka dari itu kami berhasil menemukan Varietas unggulan Alpukat SIGER MAS hasil dari pengembangan dengan sistem Sambung pucuk. Tambahnya.


Menurut Rudi Saputra salah satu Distributor Cabang alpukat siiger mas untuk dikabupaten Way Kanan menjelaskan, Melihat dari kebutuhan pasar buah lokal maupun nasional, bahwa permintaan buah alpukat siger mas masih sangat tinggi dibandingkan denga buah alpukat lokal lainnya dikarenakan kualitas buah alpukat siger mas premium bisa mencapai harga Rp. 25.000 – 30.000/kg pada saat ini.


“Kami telah menyalurkan 8000 batang bibit unggul alpukat Siger Mas Ring 1 kepada petani lokal di Way Kanan, saat ini Permintaan bibit alpukat siger mas meningkat tajam  mencapai hingga  puluhan ribu  yang harus kami penuhi” Jelas nya saat dikonfirmasi dikediaman nya yang ber alamat di Kelurahan Campur Asri Kecamatan Baradatu, Sabtu 25 Februari  2023. 


Saya berpesan kepada petani alpukat agar memperhatikan Standard Operasional Prosedur (SOP) Pembibitan Alpukat, didalam proses budidaya alpukat tidak bisa dilakukan dengan asal tanpa teknik, jika dilakukan tanpa SOP pembibitan Alpukat justru akan membuat budidaya tersebut gagal, Maka  dari itu “Kami hadir menyediakan bibit unggul alpukat siger mas ring 1, serta mendampingi petani dalam budidaya alpukat  Siger mas sampai dengan berbuah unggul” 


Lebih lanjut jika masyarakat bingung mau beli bibit Alpukat Siger Mas ataupun jual hasil panen buah alpukat bisa langsung menghubungi nomer telpon/WhatsApp: (+62 822-6908-5253), Pungkas Rudi(Red)

×
Berita Terbaru Update