-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Adakan Giat Posyandu PTM, Inilah Harapan Bunda Vera

Kamis, 21 April 2022 | Kamis, April 21, 2022 WIB Last Updated 2022-04-21T07:40:38Z


Way Kanan,PWK
- Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. 



Salah satu posbindu yang aktif melakukan kegiatan adalah Posbindu PTM Kampung Setia Negara, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan, yaitu Kampung yang dipimpin oleh Vera Yuliastuti A.Md atau akrab disapa Bunda Vera. Kegiatan posyandu dilaksanakan di RK 01 Kampung Setia Negara pada Kamis(21/04/2022).



Kegiatan utama Posbindu PTM yaitu :

1. Deteksi dini faktor risiko dan monitoring

2. Konseling dan rujukan

3. Aktifi ( senam, jalan sehat


Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader Posbindu bekerjasma dengan UPT Puskesmas Baradatu, Setelah pendaftaran, peserta akan diukur tinggi badan dan berat badan, yang dilanjutkan dengan pengukuran tensi oleh bidan desa.


Kegiatan Ini diikuti oleh 31 pengunjung, Bidan Desa Maria dan 5 Kader PTM.


Bidan Maria selaku Bidan Desa Setia Negara dari UPT Puskesmas Baradatu mengatakan, Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. 


Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.


Ditempat yang sama Bunda Vera berharap Melalui Posbindu PTM diharapkan kesehatan peserta akan terpantau sehingga apabila terjadi faktor resiko PTM dapat segera dilakukan pencegahan.Tutupnya(Mulyadi)

×
Berita Terbaru Update