-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Peluncuran Anggur Api Way Kanan (Launching Natural Fire Chalcedony)

Jumat, 13 Februari 2015 | Jumat, Februari 13, 2015 WIB Last Updated 2021-09-12T15:37:38Z
Launching Anggur Api Way Kanan ( Natural Fire Chalcedony ) oleh Wagub Lampung Bachtiar Basri (kanan) bersama Bupati Way Kanan Bustami Zainudin (kedua dari kanan) serta budayawan Lampung Ansori Djausal (ketiga dari kanan) pada pameran batu akik ‘Revolusi Batuan Indonesia’ di Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung

Way Kanan, putrawayka.com - Akhirnya Lampung menambah identitas kekayaan terbarunya yang berasal dari Kabupaten Way Kanan yaitu terbukti pada Senin malam tanggal 9 Februari 2015 diluncurkan Aggur Api Way Kanan oleh Wakil Gubernur Lampung (Wagub) Bachtiar Basri pada pameran batu akik ‘Revolusi Batuan Indonesia’ di Mal Boemi Kedaton, Bandar Lampung.
Jangan ngaku orang Lampung kalau belum pakai Anggur Api Way Kanan (Natural Fire Chalcedony), itu semboyan yang didengungkan saat ini, sungguh indah warna dan giwang atau selendang minyak nya ketika terkena sinar atau cahaya matahari seperti ada lidah api di dalamnya.

Akik yang satu ini mulai menjadi primadona dan akan melonjak di dunia perbatuan setelah beberapa kakaknya sudah lebih dulu naik daun diantaranya Raflesia, Indocrase dan Spritus. Dalam perburuan bahan batu cincin di kabupaten Way Kanan, mulai dari lokasi sampai di pengepul bahan - bahan batu cincin yang ada di Kabupaten Way Kananan, sehingga sudah semakin langka dan hitungannya pun rejeki - rejekian untuk mendapatkannya.

Fire chalcedony atau anggur api adalah batu akik asli dari Kabupaten Waykanan Lampung, ciri khas batu ini ada giwangnya yang menyerupai api ketika terkena sinar / cahaya sehingga hampir mirip dengan Fire Opal akan tetapi anggur api lebih keras dan kristal.

Perhimpunan Pecinta dan Pengusaha Permata Indonesia (4PI) berencana akan mengadakan peluncuran / launching batu Anggur Api Way Kanan di Mall Boemi Kedaton Bandar Lampung pada tanggal 09-15 Februari 2015 nanti bertajuk " Revolusi Batuan Indonesia", jangan lupa kunjungi ya salah satu pameran batu terbesar di Lampung ini.
Karena peminat anggur api Way Kanan ini sudah cukup tinggi walaupun belum diluncurkan, sayang rasanya jika sampai tidak kebagian batu ini, sehingga sampai tidak masuk dalam kotak koleksi atau bahkan belum menempel di jari manis kita.

Launching batu anggur api Way Kanan ini dihadiri Bupati Way Kanan Hi. Bustami Zainudin serta budayawan Lampung Ansori Djausal yang juga ketua panitia gelaran tersebut. Peluncuran itu ditandai dengan membuka bersama kain hitam yang menutupi dua bongkah batu anggur api.

Bahkan pada saat Launchingnya, Wagub Lampung mengatakan Provinsi Lampung harus bangga karena memiliki batu akik anggur api dari Way Kanan. “Kita tahu Indonesia saat ini demam batu (akik). Saya terkesima awalnya kenapa tidak ada batu dari Lampung. Padahal sebenarnya sudah lama sekali Lampung punya batu, saya senang malam ini bisa perkenalkan secara resmi,” kata Bachtiar Basri.

Wagub Lampung sendiri mengaku telah mengkoleksi 3 ( tiga ) batu anggur api ( satu diantaranya pemberian langsung Bupati Way Kanan ), karena kebetulan beliau seorang yang hobi mengkoleksi batu nusantara.

Menelisik kebelakang bahwa anggur api way kanan ini awal mulanya ditemukan oleh KHAIRUL HUDA ( Salah seorang pemilik Galeri Batu Nusantara Gemstone warga Jalan Jenderal Sudirman, No. 117, KM 02, Blambanganumpu, Waykanan ) sekira bulan Oktober 2014 dan Pak Wo ( sapaan akrab KHAIRUL HUDA ) telah mematenkan batu tersebut ke Dirjen Haki Kemenkumham RI No. D002015000978 dengan nama FIRE CHALCEDONY, sehingga otomatis batu ini tidak dapat dipakai untuk penamaan varian batu anggur dari dan oleh provinsi lain, sedangkan untuk varian anggur api way kanan ini diantaranya ada yang bening, milky ( putih susu ), kuning, oranye, sunkist, light yellow, light orange, orson atau antara kuning dan merah, merah kekuning-kuningan, merah, light purple, dan light grey, sedangkan untuk harga yang emban titanium dihargai Rp350 ribu, lalu yang high quality dengan emban perak mencapai Rp3 juta - Rp5 juta, untuk lebih tegas bisa kita baca di majalah Indonesian Gemstone edisi Februari 2015 dan harian Radar Lampung tanggal 04 Februari 2015.

Anggur Api Way Kanan ini sedang most wanted item di Indonesia, di prediksi harga akan segera melambung tinggi dan Menjadi headline di Majalah Perbatuan Nasional "Indonesia Gemstone" edisi Februari 2015

Kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai seorang putra daerah yang lahir di Kampung Negara Batin Kec. Negara Batin Kab. Way Kanan dan dibesarkan di Kampung Bengkulu Tengah Kec. Gunung Labuhan Kab. Way Kanan.

Kurang lebih 3 ( tiga ) tahun yang lalu saya sudah mulai hobi mengkoleksi batu akik khususnya yang berbahan asli dari Kabupaten Way Kanan bergabung dan perlahan mempelajari dunia perbatuan akik dan permata, bahkan sempat menjadi cibiran kawan - kawan dikantor dan diluar kantor, namun hal itupun tidak menyurutkan saya untuk terus maju tanpa harus mengganggu pekerjaan utama saya.

(Tim Putrawayka)


×
Berita Terbaru Update